PENANDA TANGANAN PRASASTI PENDIRIAN KAMPUS II UIN KHAS JEMBER DI LUMAJANG BERJALAN LANCAR DAN KONDUSIF




Penanda tanganan Prasasti pendirian KAMPUS II UIN KHAS JEMBER DI LUMAJANG ,Jumat,5/5/2023 berjalan lancar  dan kondusif. 


 Sebelum ceremonial penanda tanganan prasasti, didahului dengan bincang- bincang antara Rektor UIN KHAS JEMBER dengan Bupati Lumajang H.TORIQUL HAQ.MML didampingi kepala Dinas Lingkungan Hidup, Camat Senduro beserta jajaran Forkompinca, Kepala Desa Kandangtepus serta Tokoh Masyarakat . 


Dalam acara ngobrol bareng tersebut Bupati Lumajang menyampaikan banyak terima kasih pada bapak Rektor UIN KHAS JEMBER yang telah memberikan kepercayaan yang luar biasa hingga berkenan mendirikan kampus II UIN KHAS JEMBER di bumi kota Lumajang.

 

Anugerah ini pastinya haruslah kita syukuri bersama oleh masyarakat kota Lumajang, khususnya warga desa Kandang tepus kecamatan Senduro  yang terpilih  sebagai tempat /lokasi didirikannya kampus tersebut, ungkap Cak Toriq panggilan akrab bupati Lumajang. 

Tidak hanya berkah kemajuan akademiknya  saja bagi warga kota  Lumajang, namun bagi warga sekitar kampus dampaknya sangat dahsyat dan luar biasa diantaranya mulai dari harga tanah, peluang usaha hingga kos kosan  bagi mahasiswa sungguh akan terbuka bagi warga sekitar.dalam upaya peningkatan derajat ekonominya. 

Dan yang lebih membanggakan lagi nantinya pihak kampus akan menjalin kerjasama disegala bidang dengan masyarakat sekitar, serta akan memberikan program bea siswa bagi masyarakat yang sudah bermitra dengan pihak kampus. 

Dari total lahan 100 Ha yang telah diberikan hak pengelolaan oleh Kementerian Lingkungan Hidup pada pihak UIN KHAS JEMBER DI LUMAJANG nantinya yang akan dibangun Kampus hanya seluas 10 Ha, sedangkan sisanya masih bisa dikelola oleh Masyarakat dengan ijin pengelolaanya antara Masyarakat dengan pihak Kampus UIN KHAS JEMBER sebagai pihak yang diberi hak kuasa pengelolaan hutan peruntukan khusus,  ungkap Dr GAMIN perwakilan dari Pusdiklat Kementerian Lingkungan Hidup, saat dialog dengan bupati Lumajang. 



Setelah gelar dialog singkat di area monumen tempat akan didirikanya bangunan Kampus II UIN KHAS JEMBER DI LUMAJANG, maka dilanjutkan dengan penancapan  tonggak pendirian KAMPUS II UIN KHAS JEMBER oleh bupati Lumajang, Rektor dan Wakil Rektor serta perwakilan dari Kementerian Lingkungan Hidup. 


Setelah itu acara dilanjutkan dengan ceremonial  penanda tanganan prasasti yang didahului dengan sambutan singkat  Rektor UIN KHAS JEMBER mengatakan bila proses pengajuan formasi dosen sebagai syarat pendirian fakultas  telah disetujui, maka kegiatan perkuliaan bisa segers dibuka insya Allah tahun ini. 


Bupati Lumajang dalam kata sambutannya yang diawali dengan kata canda sebagai ekspresi kegembiraan apabila kota Lumajang mendapatkan anugerah berkah yang luar biasa dengan akan didirikannya KAMPUS II UIN KHAS JEMBER DI LUMAJANG yang akan ditanda tangani prasastinya pada hari ini. 

Dengan ditanda tanganinya prasasti KHDTK ini, berarti telah resmi KAMPUS II UIN KHAS JEMBER DI LUMAJANG akan didirikan di Desa Kandangtepus kecamatan Senduro, ungkap Cak Toriq. 



Nantinya KAMPUS II UIN KHAS JEMBER DI LUMAJANG akan dibuka fakultas Kehutanan dan Tekhnik hingga fakultas kedokteran, sedangkan fakultas ilmu keagamaan ada di Kampus Jember, ungkap Cak Toriq dengan nada bangga. 

Setelah sambutan- sambutan , kemudian dilanjutkan dengan penanda tanganan Prasasti KHDTK pendirian KAMPUS II UIN KHAS JEMBER DI LUMAJANG antara bupati Lumajang dan Rektor UIN KHAS JEMBER. 

Penanda tanganan prasasti pendirian Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember digelar dalam FGD ( Fokus Group Discussion ) tentang Tata Kelola Kawasan Hutan untuk Penguatan Badan Layanan Umum (BLU) 

"FGD ini dilaksanakan dalam rangka sosialisasi kepada masyarakat sekitar dan beberapa pihak terkait, SK nya sudah turun, jadi masyarakat yang ada di lokasi harus tahu bila itu untuk kemajuan pendidikan  dan kemaslahatan umat. 

Selain itu dalam rangka penyamaan persepsi UIN KHAS Jember, hadir pula Dewan Pengawas UIN KHAS, dan Tim Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) yaitu Ir. Yana Juhan, M.Sc. Forest. Trop, Surya Tedi Apriadi S.Hut., M.Si, dan Dr. Gamin.

KLH siap mendukung dan bahkan memback up sepenuhnya, tidak hanya pemanfaatan lahan yang sudah turun SK nya, melainkan juga pada pendirian Kampus II UIN KHAS yang secara spesifik bisa membuka Fakultas Kehutanan dan Peternakan.

"Disiapkan Fakultas Kehutanan dan Peternakan di sini sehingga langsung praktikumnya juga di sini, bisa penelitian secara langsung real dengan hutan dan alam di sini" ungkap Yana Juhan.

Selain itu nampak hadir HENDRA IRAWAN  selaku pimpinan cabang BSI Cabang Lumajang Imam Binjol sebagai mitra dalam pendirian KAMPUS II UIN KHAS JEMBER DI LUMAJANG. 

Sedangkan Santoso mewakili warga desa Kandangtepus menyampaikan rasa syukur yang tak terhingga apabila penanda tanganan prasasti KHDTK oleh bapak bupati Lumajang dan Rektor UIN KHAS JEMBER memupus kekhawatiran jadi tidaknya pendirian Unversitas Islam Negeri di desa Kandangtepus. 

Kami bangga sekali dikarenakan dengan berdirinya KAMPUS II UIN di desa Kandangtepus ini akan menambah kemajuan destinasi yang sudah ada di desa Kandangtepus  yaitu BUMI PERKEMAHAN GLAGAHARUM dan akan  tambah satu lagi destinasi Pendidikan yang tidak hanya membawa kemajuan di bidang pendidikan saja, namun akan dapat meningkatkan laju perekonomian di desa Kandangtepus khususnya dan kabupaten Lumajang umumnya, tutur Santoso yang juga ketua LSM  MP3 ( Masyarakat Peduli Pendidikan & Pariwisata) kabupaten Lumajang. ( KANGSAN MP3). 


Postingan populer dari blog ini

PEMBUBARAN PANITIA TEMU KANGEN & SYAWALAN ALUMNI SMKN LUMAJANG LULUSAN TAHUN 1988-1992 DI D' BURNO CAFE SENDURO LUMAJANG JAWA TIMUR

LOMBA PENTAS PAI TINGKAT KABUPATEN LUMAJANG TAHUN 2023 DIBUKA OLEH KEPALA DINAS PENDIDIKAN & KEBUDAYAAN